Minggu, 04 Agustus 2019

ANDA DIPILIH


ANDA DIPILIH

Dia memilih kita di dalam dia sebelum dunia dijadikan, agar kita menjadi kudus dan tidak bercela di hadapan-Nya (Ef. 1: 4).

Sebagai seorang anak, saya tidak dipilih untuk banyak hal. Tidak ada tulang atletis di tubuh saya, jadi ketika tiba saatnya untuk memilih tim di sekolah, saya berada di sela-sela sampai akhir yang pahit. Bahkan dalam hal-hal yang saya lakukan dengan baik (seperti mengeja), guru tidak sering memanggil saya kecuali saya dengan panik mengangkat tangan. Jika saya jujur, pengalaman-pengalaman itu merusak kepercayaan diri saya dan membuat saya merasa tidak berarti.

Saya tidak tumbuh dalam keluarga yang mengenal Tuhan. Faktanya, di rumah saya Kristus tidak disebutkan secara positif. Sebaliknya, saya dibesarkan untuk percaya bahwa kerja keras dan penentuan nasib sendiri adalah jalan menuju kesuksesan. Saya memfokuskan seluruh energi saya untuk membuat sesuatu dari diri saya sendiri. Mungkin Anda bisa membayangkannya. (Ini khas Amerika, ajaran New Thought – Pikiran Baru, yang disebut Mimpi Amerika; tapi banyak diterapkan oleh orang lain di seluruh dunia).

Tidak sampai saya berusia awal dua puluhan, setelah ayah saya meninggal, saya mulai mencari Yesus. Dan saya beri tahu Anda, itu bukan proses yang mudah. Saya tidak memiliki seorang pun dalam hidup saya untuk menjelaskan siapa Yesus itu dan semua yang telah Dia lakukan. Tapi Tuhan itu setia.

Biarkan saya berhenti sejenak di sini untuk sebuah kisah supernatural. Meskipun saya tidak memiliki pengetahuan tentang Tuhan, saya selalu percaya ada kekuatan yang kuat di alam semesta. Ketika saya masih kecil, nenek buyut saya mengirim saya beberapa doa melalui pos. Saya hafal jam tidur yang populer ini: “Sekarang saya membaringkan diri saya untuk tidur, saya berdoa kepada Tuhan agar jiwa saya tetap terjaga. Jika saya harus mati sebelum bangun, saya berdoa agar Tuhan mengambil jiwa saya". Itulah sejauh pengetahuan Tuhan saya, dan saya berdoa setiap malam, untuk berjaga-jaga.

Malam pemakaman ayah saya, keluarga kami dan teman-teman dekat berkumpul di sekitar meja ruang makan untuk mengenang ayah saya. Saya bertanya kepada mereka, "Di mana dia sekarang?" Tidak ada yang bisa menjawab, dan saya berada di samping diri saya sendiri dalam kesedihan dan kemarahan. Saya sangat ingin percaya pada Surga; Saya ingin tahu saya akan melihatnya lagi suatu hari nanti. Dalam kesunyian ruangan, saya mendengar suara di kepala  (bukan suara saya) berkata, "Ayo cari Yesus, Dia akan memberitahumu di mana Dia berada."

Tentu saja ada lebih banyak kisah, tetapi suara itu mengirim saya untuk mencari. Yesus yang  saya carim bertemu denganku dalam kesedihanku dan menempatkanku di jalan kehidupan baru. Butuh beberapa saat untuk mulai membaca Alkitab. Pada awalnya, saya tidak mengerti apa-apa di dalamnya. Tapi kerja keras dan tekad terbayar. Membaca bagian kecil dari Kitab Suci setiap hari meningkatkan pengetahuan saya dan membantu saya memahami kehidupan rohani saya yang baru. (Alkitab online klik link berikut: https://www.wordproject.org/bibles/id_tb/ ).

Satu ayat, khususnya, membalikkan duniaku dengan terbalik: “Kamu tidak memilih Aku, tetapi Aku memilih kamu dan mengangkat kamu sehingga kamu dapat pergi dan menghasilkan buah - buah yang akan bertahan lama - dan agar apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Bapa akan memberikannya” (Yohanes 15:16).

Kata-kata Yesus menyapu saya. Bertahun-tahun berpikir bahwa saya adalah pencari ... ketika saya sadari, ternyata saya bukan pencari sama sekali. Tuhan adalah. Dia adalah Dia yang membimbing saya ke arah-Nya. Saya belum “memilih” Yesus; Dia telah memilihku lebih dulu.

Dia telah memilih Anda juga.

Dalam Efesus 1: 4, Paulus memberi tahu kita bahwa kita dipilih di dalam Dia sebelum Allah membentuk bumi. Biarkan itu meresap. Sebagai Gereja-Nya, kita dipilih oleh Yesus untuk membawa kepenuhan Kristus ke setiap sudut budaya dan lingkungan masyarakat.

Gereja adalah umat Allah yang diselamatkan oleh kuasa Allah untuk tujuan-tujuan Allah. Adalah semua umat Allah dalam misi sehari-hari untuk mengisi segalanya dengan segala cara dengan kepenuhan Yesus.

Sungguh melegakan mengetahui bahwa meskipun kita masih bekerja keras, kita tidak perlu berusaha untuk membuat sesuatu dari diri kita sendiri. Dia adalah pembuat utama, dan Dia menginginkan lebih banyak bagi kita, Gereja-Nya.

Bagaimana rasanya mengetahui bahwa Allah telah  memilih Anda untuk tim-Nya?

Bersambung …. DICERAHKAN