Senin, 23 September 2019

BERGERAK DALAM LINGKUNGAN


BERGERAK DALAM LINGKUNGAN                              

1 Korintus 9: 20-23
20 Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat. 21 Bagi orang-orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang tidak hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku tidak hidup di luar hukum Allah, karena aku hidup di bawah hukum Kristus, supaya aku dapat memenangkan mereka yang tidak hidup di bawah hukum Taurat. 22 Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka. 23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

Bergerak Dalam Lingkungan (Inkarnasi)
Jadi kita dipanggil untuk menjadi orang misi (bergerak). Jika kita mau mengikuti Roh misi, saya berani bertaruh bahwa kita akan berakhir dalam situasi dan tempat yang agak tidak biasa. Kami tidak bermaksud hanya lintas budaya di sini. Itu mungkin hanya berarti menjangkau pagar Anda, dan lebih dari itu ke lingkungan lokal. Tapi jangan kaget jika ini masih sedikit tantangan bagi Anda.

Salah satu hal yang telah terjadi selama dekade terakhir ini adalah pergeseran budaya besar-besaran. Warisan Yahudi-Kristen bergeser ke pengalaman subkultur dan multikultural yang benar-benar. . . lingkungan kita telah berubah dan berubah pada kita.

Bergerak jauh ke dalam budaya berarti memperlakukan gagasan misi inkarnasional dengan serius. Ini pada gilirannya mengambil petunjuk dari fakta bahwa Allah mengambil bentuk manusia dan bergerak ke lingkungan kita. Menjadikan realitas penuh kemanusiaan kita.  Diidentifikasi dengan kita. Berbicara kepada kita dari dalam pengalaman yang sama.

Mengikuti teladannya, dan atas alasannya, kami mengambil jenis pendekatan yang sama dalam hal misi.

Bergerak Dalam Suku
Suka atau tidak suka, kita hidup di dunia yang secara budaya terfragmentasi dan terpecah-pecah. Hasil disintegrasi budaya adalah bahwa orang sekarang memilih untuk mengidentifikasi dengan berbagai kelompok subkultur. Setiap kota modern sekarang terdiri dari ribuan subkultur yang berbeda. Ada kelompok olahraga, klub hobi, kelompok minat, hingga kelompok yang berkumpul di sekitar preferensi seksual tertentu. Ada pub, klub, grup musik, peselancar, skaters. . . sebut saja sesuai yang Anda tahu! Istilah yang lagi tren adalah komunitas. Ada yang temporer dan ada yang relative permanen.

Bergerak dalam lingkungan berarti kita memilih untuk terhubung, mengidentifikasi, dan menjadi bagian dari satu atau beberapa suku urban ini. Jangan coba mengidentifikasi dengan semua orang dalam jangkauan Anda. Jika ini tidak membuat Anda marah, itu pasti akan melelahkan Anda. Alih-alih memfokuskan upaya Anda pada koneksi yang bermakna dengan orang-orang dan kelompok orang tertentu.

Pergi ke mana mereka pergi, nongkrong di tempat mereka nongkrong, lakukan apa yang mereka lakukan. Saya telah melihat gereja mengembangkan ini di tempat-tempat paling aneh. Di sepanjang tepi sungai dengan komunitas ski air, klub rave, teater drama amatir, komunitas game online.

Saya mengenal seorang ibu muda yang, bukannya menghadiri program MOPS gereja lokal, memilih untuk mengadopsi salah satu dari banyak kelompok ibu non-Kristen setempat. Dia segera diminta untuk memimpinnya dan pengaruhnya sebagai seorang Kristen meningkat secara signifikan. Respon yang dia peroleh lebih dari jika dia hanya menghadiri versi Kristen setempat.

St. Paul Pergi ke Bioskop
Beberapa tahun yang lalu saya bergerak dan mengadakan konferensi yang disebut St. Paul Goes to the Movies. Idenya adalah untuk membantu orang Kristen bersandar bagaimana berbagi iman dari dalam pengaturan budaya yang beragam dalam konteks Barat. Ini juga berlaku di kota-kota besar Negara bukan Barat, khususnya generasi mudanya. Saran saya kepada semua orang Kristen adalah, untuk menganggap serius misi. Anda harus memperlakukan budaya dengan serius.

Tidak ada yang menghindari aspek ini. Anda hanya harus berasumsi bahwa, dalam konteks Barat, semua komunikasi Injil, apalagi perintisan dan misi gereja, sekarang lintas budaya. Jangan menganggap Anda benar-benar tahu apa yang sedang terjadi.

Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan orang Kristen tidak benar-benar tahu apa yang terjadi dalam kehidupan orang-orang non-Kristen. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang Kristen tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan orang-orang di luar komunitas gereja mereka. Untuk pindah (mendapatkan misi), dan untuk bergerak (menjadi inkarnasional), ini harus berubah.

Jika Anda menemukan diri Anda dipanggil ke suku urban tertentu, siapa pun mereka, maka sangat penting bagi Anda untuk memperlakukan budaya mereka — pada dasarnya, sistem nilai-nilai yang mereka anut — dengan serius. Tonton film bersama teman dan bicarakan temanya. Bacalah buku-buku yang cenderung mereka baca. Ada informasi demografis yang baik tentang preferensi gaya hidup dan kelompok orang di sekitar. Jelajahi toko buku dan rak majalah tentang apa yang dibicarakan dan diminati orang. Lebih mudah mencarinya dengan google atau googling.

Jika orang melihat film lebih dari satu kali, pastikan Anda melihatnya dan mencoba mencari tahu apa yang mereka sukai. Lalu, Anda bisa melihat bagaimana Kabar Baik berhubungan dengan masalah ini.

Kristen misional membuat hubungan antara masalah eksistensial manusia dan Injil. Memang dibutuhkan sedikit pengetahuan budaya untuk mewujudkannya dengan baik.

Bersambung …