Sabtu, 28 Juli 2012

EKONOMI KRISTEN: SISTEM UANG


EKONOMI KRISTEN: Sistem Uang

Masalah utama ekonomi modern adalah inflasi, tapi inflasi tidak selalu menjadi masalah. Masalah sebenarnya adalah uang. Mencapai sistem uang yang stabil dan dapat diandalkan adalah salah satu masalah ekonomi yang paling serius. Untuk memahami masalah dari sistem yang saat ini digunakan dan untuk melihat keuntungan dari sistem Alkitabiah tentang uang, sesuatu tentang sejarah uang harus dipahami. (Anda harus terbiasa dengan sistem ini untuk memahami apa yang dibahas tentang Ekonomi Kristen pada tulisan berikutnya.)

Sebuah sistem yang lebih baik dari uang sangat dibutuhkan. Meskipun ada upaya besar dari banyak ekonom, masalah uang tersebut belum terpecahkan. Kita membutuhkan sistem uang yang didasarkan pada firman Tuhan dan mematuhi hukum-Nya.

Kebutuhan Uang

Kebutuhan akan uang berasal dari konsep kepemilikan pribadi. Suatu prinsip alkitabiah utama adalah bahwa seseorang berhak untuk mengontrol barang yang dihasilkan oleh tenaga kerja mereka sendiri, atau dengan peralatan yang mereka miliki, atau pada tanah yang mereka miliki, atau menggunakan ide-ide yang mereka telah pikirkan, atau teknik yang mereka kembangkan. Ini berarti bahwa jika seseorang ingin sesuatu yang telah diproduksi oleh orang lain, mereka harus memperoleh persetujuan orang itu sebelum mereka dapat menerimanya. Persetujuan yang biasanya akan diberikan dalam pertukaran untuk sesuatu yang lain yang pembeli miliki. Jika barang tersebut diambil tanpa persetujuan yang memberikan, maka orang yang mengambil barang itu bersalah karena pencurian. Firman menyatakan, perintah keenam bahwa pencurian adalah kejahatan dihukum oleh pengadilan sipil (Kel 20:15).

Jika tidak ada konsep atau konvensi hak milik pribadi, tidak perlu uang. Jika seseorang menginginkan sesuatu mereka bisa mendapatkan atau menerimanya, terlepas dari siapa yang memproduksinya. Jika semuanya dalam kelimpahan, ini bisa bekerja. Namun, karena kelangkaan atau keterbatasan adalah kenyataan hidup di dunia yang sudah jatuh dalam dosa dan kutuk, hal ini tidak praktis. Hasilnya akan ditentukan oleh kekuatan. Yang kuat akan memiliki banyak dan yang lemah tidak akan mendapatkan apa-apa. Ini akan menghasilkan konsep yang berbeda dari properti; di mana semuanya dikendalikan oleh yang terkuat, terlepas dari siapa yang memproduksinya.

Suatu konsep properti adalah benar-benar tak terhindarkan. Isu yang penting adalah properti akan dilindungi hukum. Hukum kekayaan Alkitab melindungi mereka yang telah menghasilkan barang dan jasa.

Supaya sistem kepemilikan pribadi berfungsi secara efisien, harus ada proses untuk pertukaran barang dan jasa. Hal ini tidak praktis kalau setiap orang memproduksi atau menghasilkan segala sesuatu yang mereka butuhkan. Kebanyakan orang akan menghasilkan lebih dari yang mereka butuhkan dari apa yang mereka bisa lakukan dengan terbaik dan menukarnya dengan hal-hal lain yang mereka butuhkan. Pembagian kerja seperti ini memungkinkan orang untuk menjadi lebih produktif dan perekonomian menjadi lebih efisien. Untuk bekerja, harus ada cara bagi orang untuk bebas dan percaya bertukar barang dan jasa yang mereka hasilkan sendiri.

Uang memungkinkan orang dari suatu masyarakat untuk bertukar barang dan jasa dengan mudah. Saya dapat menerima uang dari orang yang ingin apa yang saya miliki. Saya dapat menggunakan uang itu untuk mendapatkan apa yang saya inginkan dari orang lain dalam masyarakat saya. Orang akan selalu menerima uang, karena mereka tahu itu akan memungkinkan mereka untuk memperoleh barang atau jasa yang mereka inginkan dari orang lain. Di sisi lain, fakta bahwa orang yang membeli dari saya memiliki uang membuktikan bahwa ia telah memberikan beberapa barang dan jasa kepada orang lain dan berhak untuk mendapatkan uang. Orang yang tidak menghasilkan atau memproduksi dan tidak menjual apa pun tidak akan punya uang. Mereka tidak akan berhak atas barang dan jasa. Mereka hanya akan dapat membeli sesuatu jika seseorang memberi mereka uang. Cara memperoleh uang seperti ini disebut amal atau sumbangan atau donasi.

Uang adalah Rekam Klaim untuk Barang atau Jasa yang diakui oleh orang lain. Sekarang kita dapat mulai melihat fungsi uang. Uang memungkinkan saya untuk mendapatkan barang dan jasa. Ini merupakan prinsip penting dan mendasar. Orang-orang menerima uang, karena mereka tahu bahwa orang lain akan menerimanya dalam pertukaran untuk barang atau jasa.

Ketika saya ingin barang atau jasa, saya bisa mendapatkannya dengan bekerja untuk orang lain atau dengan menjual barang yang saya miliki. Namun, orang-orang yang kepadanya saya jual tenaga (bekerja) atau barang tidak selalu memiliki apa yang saya inginkan. Saya mendapatkan apa yang saya inginkan dari orang lain. Ini berarti bahwa saya tidak dapat membeli dan menjual secara bersamaan. Membeli dan menjual biasanya akan terjadi di tempat yang berbeda, dengan orang yang berbeda, pada waktu yang berbeda. Akan ada kesenjangan waktu antara penjualan dan pembelian. Saya harus menjual pertama dan membeli kemudian, tetapi setelah saya menjual apa yang saya miliki, saya perlu beberapa bukti lain yang saya buat penjualan baru kemudian saya berhak untuk membeli. Uang adalah solusinya, itulah bukti penjualan jasa/tenaga atau barang saya.

Uang adalah bukti bahwa saya sudah menyerahkan barang dan jasa kepada seseorang dalam masyarakat saya dan saya berhak untuk menyelesaikan pertukaran dengan mendapatkan barang dan jasa dari orang lain dalam masyarakat. Uang adalah catatan transaksi setengah selesai. Ini adalah catatan klaim untuk barang dan jasa yang diakui oleh seluruh masyarakat. Kegunaan uang tergantung pada diterima atau tidak oleh orang lain.

Uang adalah cara hukum untuk mengendalikan pertukaran di luar barter. Barter menyediakan keamanan swapping atau pertukaran barang pada saat yang sama. Dengan diperkenalkannya uang, waktu pertukaran dapat tersebar. Saya tidak bisa menyerahkan begitu saja barang saya dengan harapan bahwa seseorang akan memberikan sesuatu kepada saya. Ada resiko bahwa penipu akan mengambil barang yang saya berhak dan saya akan kehilangan. Saya harus yakin bahwa seseorang, yang tidak memiliki hak, tidak mendapatkan barang yang saya berhak, dengan membuat klaim palsu. Untuk menghindari risiko ini, saya hanya akan menyerahkan barang saya kepada orang yang mampu untuk mengembalikannya dalam bentuk uang. Lalu saya punya bukti sebuah hak yang sah untuk barang dari orang lain.

Sebuah metode hukum menegakkan klaim tersebut sangat penting untuk perluasan perdagangan. Uang adalah cara hukum yang tetap dan diterima secara luas untuk merekam dan membuktikan klaim tersebut. Kas hanya bukti portabel, dapat diterima dan berlaku untuk klaim barang dan jasa pada harga yang harus disepakati.

Risiko Memegang Uang

Uang adalah klaim diterima secara sosial untuk beberapa barang atau jasa dengan harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Ini adalah bentuk dari hak yang diakui di mana-mana dalam masyarakat. Uang adalah cara untuk membuktikan bahwa saya telah menyelesaikan setengah dari transaksi. Saya telah memberikan barang dan jasa kepada seseorang dalam masyarakat, dan bahwa saya belum menerima kembali dari setiap anggota masyarakat lainnya.

Namun, memegang uang tidak menjamin bahwa saya akan menerima kembali nilai yang sama dengan barang atau jasa yang telah saya serahkan. Saya menghadapi risiko uang didevaluasi antara waktu ketika saya menyerahkan barang atau jasa saya dengan imbalan uang dan waktu saat saya menggunakan uang itu untuk membeli barang atau jasa. Jika harga telah naik saya mungkin tidak dapat memperoleh barang atau jasa dari nilai yang sama kepada saya seperti waktu saya sudah menyerahkannya. Tentu saja, jika harga telah berubah menguntungkan saya, saya memperoleh nilai tambah. Risiko saya adalah efek dari perubahan harga relatif antara waktu jual dan waktu membeli. Namun, saya bisa yakin bahwa jika saya menjual barang atau jasa saya, saya bisa membeli beberapa barang dan jasa dari beberapa orang lain (asalkan saya dapat menemukan seseorang yang bersedia untuk menjual dengan harga yang menyenangkan untuk saya).

Perdagangan hanya akan berkembang di masyarakat jika risiko ini relatif rendah. Inilah sebabnya mengapa uang dapat diandalkan sangat penting bagi pembangunan ekonomi. Jika risiko yang terkait dengan memegang uang terlalu tinggi, maka orang akan cenderung membuat tidak dengan apa yang mereka miliki, daripada berusaha untuk menjualnya dan membeli sesuatu yang lebih baik. Ini akan memiliki efek membatasi pada aktivitas ekonomi.
Uang adalah fenomena sosial. Tidak ada yang memiliki uang pribadi mereka sendiri. Uang hanya berfungsi jika diakui dan diterima di seluruh masyarakat. Jika kehilangan properti ini, karena pemilik tidak lagi mau menukarnya dengan barang dan jasa, maka uang berhenti menjadi uang.

Masalah dengan segala bentuk uang adalah bahwa orang hanya akan menerima jika mereka yakin itu dapat diandalkan. Dalam dunia yang jatuh, akan selalu ada beberapa orang yang mencoba untuk mendapatkan uang tanpa bekerja untuk menghasilkan barang atau jasa, yang dapat ditukar untuk itu.

Volume Klaim

Volume klaim yang valid tersedia bukanlah sesuatu yang harus mengontrol pemerintah. Atau itu harus disimpan konstan, atau hanya diperbolehkan untuk meningkat pada tingkat konstan. Orang biasanya menjual sesuatu (termasuk tenaga kerja mereka), sehingga mereka dapat membeli barang lain yang mereka inginkan. Oleh karena itu, volume klaim, yang ada setiap saat, akan tergantung pada berapa banyak orang yang telah menyelesaikan baik mereka membeli dan menjual. Jumlah dan nilai transaksi setengah selesai akan berfluktuasi secara dramatis.

Hal ini dimungkinkan dalam teori, mengatakan pada akhir tahun keuangan, bahwa semua orang akan menyelesaikan semua transaksi mereka. Mungkin ada atau tidak ada klaim yang luar biasa untuk barang dan jasa. Volume total klaim bisa menjadi nol. Dalam praktek ini tidak mungkin terjadi, seperti dalam ekonomi modern arus transaksi dari produsen ke pengecer kontinu. Namun kenyataan bahwa secara teori untuk semua klaim yang sah akan padam pada titik tertentu dalam waktu tertentu, menunjukkan kebodohan mencoba untuk mengontrol volume klaim yang luar biasa. Hal ini dapat sangat kecil pada satu titik waktu dan cukup besar beberapa hari kemudian, tergantung pada bagaimana orang melakukan streaming transaksi mereka. Bersambung ...