Selasa, 31 Juli 2012

EKONOMI KRISTEN: PERDAGANGAN dan PENITIPAN


Perdagangan

Dari sudut pandang individu, setiap transaksi perdagangan memiliki dua bagian. Pada bagian pertama saya menjual sesuatu, yang saya tidak lagi ingin, dengan imbalan uang. Namun, bisa saja saya benar-benar tidak menginginkan uang. Saya ingin sesuatu yang lain yang dapat saya gunakan. Saya menggunakan uang itu untuk membeli hal yang saya inginkan. Transaksi penuh belum lengkap, sampai saya sudah membelinya. Membeli adalah bagian kedua dari transaksi.
Suatu transaksi terdiri dari dua bagian: menjual dan membeli. Setelah transaksi selesai, saya merasa lebih baik karena saya telah menggantikan sesuatu yang saya tidak mau dengan sesuatu yang saya ingin lebih. Keduanya pembeli dan penjual merasa lebih baik, karena mereka menerima sesuatu yang mereka nilai lebih dari apa yang mereka serahkan.

Satu penghubung atau link bagian pertama dari transaksi yang memungkinkan berlanjut dengan bagian kedua transaksi adalah penting. Dalam contoh di atas, uang memberikan hubungan antara kedua bagian. Ketika saya menjual barang saya, saya menerima uang sebagai imbalan, karena saya berharap bahwa saya dapat menggunakan uang itu untuk mendapatkan apa yang saya ingin dapatkan ketika saya menyelesaikan transaksi.
Saya hanya memegang uang untuk waktu yang singkat. Saya mulai dengan sesuatu yang tidak saya inginkan. Saya berakhir dengan sesuatu yang saya inginkan lebih. Uang itu keamanan saya untuk waktu yang singkat antara bagian pertama dan bagian kedua dari transaksi. Uang memungkinkan pertukaran itu terjadi.

Memegang uang cukup berisiko. Setelah saya menyerahkan produk saya kepada pembeli, saya tidak bisa mendapatkannya kembali, saya juga tidak bisa memastikan bahwa saya akan dapat membeli produk itu lagi jika saya inginkan dengan uang. Jika tidak ada yang mau menerima uang dalam pertukaran untuk apa yang saya inginkan, saya akan dibiarkan dengan apa pun yang berguna (saya tidak ingin uang). Setelah saya melakukan pembelian saya, risiko itu hilang, karena saya memiliki hal yang saya inginkan. Risiko berpindah kepada orang yang mengambil uang dari saya.

Kepemilikan uang adalah tanda untuk orang lain di masyarakat bahwa penjual telah menyelesaikan setengah dari transaksi, dengan memberikan sesuatu. Hal ini memungkinkan dia untuk membeli sesuatu dari orang lain untuk menyelesaikan transaksinya. Uang adalah catatan transaksi bahwa telah terjadi setengah selesai.

Risiko utama selama perdagangan adalah bahwa uang saya tidak akan diterima. Saya tidak ingin masuk ke dalam situasi di mana saya tidak dapat menyelesaikan bagian kedua dari transaksi saya. Jika saya tidak dapat menyelesaikan transaksi, saya menanggung biaya. Oleh karena itu, saya hanya akan terlibat dalam perdagangan, jika ada catatan dari setengah selesai transaksi, yang dihormati oleh anggota masyarakat lainnya. Uang adalah catatan diakui secara luas transaksi setengah selesai.

Penitipian Barang

Jika seseorang memberikan perak kepada tetangganya atau barang untuk disimpan dan diamankan, apabila perak atau barang itu dicuri dari rumah tetangga, pencuri, jika ia tertangkap, harus membayar kembali dua kali lipat. Tapi jika pencuri tidak ditemukan, pemilik rumah harus menghadap hakim untuk menentukan apakah ia telah meletakkan tangannya di properti orang lain (maksudnya mengambil atau menggunakannya sendiri) .... apabila hakim menyatakan bersalah harus membayar kembali dua kali lipat kepada tetangganya yang menitipkan barangnya tersebut. (Kel 22:7-9).

Ketika seseorang mengambil barang-barang lain untuk disimpan dan hilang, orang itu bertanggung jawab atas kerugian. Jika pencuri itu ditemukan, pencuri harus membayar ganti kerugian. Jika tidak, orang yang merawat properti bertanggung jawab untuk kerugian. Dia harus membayar ganti kerugian kepada pemilik, karena kelalaian itu adalah setara dengan pencurian.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa Alkitab mengacu pada barang berharga disajikan untuk disimpan sebagai "milik" deposan, bahkan ketika mereka berada di rumah orang lain. Ini menegaskan prinsip bahwa kepemilikan properti tidak ditransfer kepada orang yang membawanya atau menyimpannya untuk diamankan. Pemilik properti tetap pemilik, sampai barang benar-benar terjual.

Keledai Luka

Ada batasan pada tugas perawatan yang harus disediakan. Orang yang menyediakan penyimpanan tidak bertanggung jawab atas peristiwa di luar kendali mereka. Jika seseorang memberikan seekor keledai, sapi, domba atau hewan lain kepada temannya untuk diamankan dan mati atau terluka atau diambil sementara tidak ada yang melihat, penyelesaian sengketa di antara mereka akan diselesaikan oleh pengambilan sumpah di hadapan TUHAN bahwa tetangganya tidak meletakkan tangan di (mengambil) properti orang lain. Pemiliknya wajib untuk menerima sumpah ini, dan restitusi tidak diperlukan. Tetapi jika binatang itu dicuri dari tetangga, ia harus membayar ganti kerugian kepada pemilik. Jika itu diterkam oleh binatang liar, ia akan membawa sisa-sisa bangkai itu sebagai bukti dan ia tidak akan diminta untuk membayar hewan luka (Kel 22:10-13).

Prinsipnya tetap sama. Pemiliknya adalah pemiliknya. Tetangga yang memberikan pelayanan seperti menyimpan atau merawatnya tidak pernah jadi pemilik. Jika hewan itu dicuri, tetangga harus membayar ganti kerugian kepada pemilik. Jika binatang itu dibunuh oleh binatang buas, tetangga tidak harus membayar ganti kerugian, karena acara ini adalah di luar kendalinya.
Hal yang sama berlaku untuk bank. Jika mengklaim uang yang telah disetorkan sebagai aset sendiri, ia memiliki pencurian berkomitmen. Jika bank dirampok, itu harus membayar ganti kerugian kepada deposan. Namun, jika uang itu dihancurkan oleh api atau perang, bank tidak bertanggung jawab atas kerugian, karena itu di luar kendali bank. Suatu bank harus menyediakan perawatan terbaik untuk uang disetorkan, tetapi tidak bertanggung jawab atas peristiwa di luar kontrolnya.

Biaya Bank

Bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip alkitabiah tidak akan dapat menghasilkan uang dari menerima uang di deposito untuk diamankan. Oleh karena itu, akan sangat tepat bagi mereka untuk mengenakan biaya untuk layanan yang mereka sediakan. Deposan akan mencari bank yang memberikan pelayanan yang terbaik untuk biaya yang paling masuk akal. Mereka akan dapat memilih tingkat pelayanan. Bank yang memberikan keamanan yang lebih baik dan lebih luas transaksi akan dapat mengisi lebih.