Selasa, 16 Oktober 2012

FOKUS OLEH MOTIVASI DALAM MENYUMBANG


FOKUS OLEH MOTIVASI

Oseola McCarty menunjukkan betapa kuat motivasi terfokus.

McCarty putus sekolah di kelas enam untuk merawat bibinya yang sakit. Dia tidak pernah kembali lagi ke bangku sekolah setelah itu. Sebaliknya ia menghabiskan lebih dari 75 tahun sebagai tukang cuci, melakukan cucian dan menyetrika pakaian keluarga di kota Hattiesburg, Mississippi.

Diajarkan berhemat oleh neneknya, dia tidak pernah memiliki mobil atau bahkan berlangganan koran. Dia, bagaimanapun, selalu menambah simpanan dana di tabungannya dari upahnya sebagai tukang cuci dan tukang strika.

Ketika dia akhirnya berhenti mencuci pada usia 86, ia telah mengumpulkan lebih dari $ 200.000 atau setara Rp 1,8 milyar. Dia memutuskan untuk memberikan $ 150.000 untuk universitas lokal, University of Southern Mississippi, untuk mendanai beasiswa bagi siswa Afrika-Amerika yang miskin finansial.

"Saya tahu itu tidak akan terlalu banyak tahun sebelum saya menyumbangkannya," katanya pada tahun 1994. "Dan aku hanya tahu uang itu akan melakukannya jauh lebih baik bagi anak-anak muda itu daripada itu untuk saya. Saya sudah terlalu tua untuk mendapatkan pendidikan, tetapi mereka bisa dan masih mempunyai kesempatan. "

Ketika berita tentang kemurahan hatinya menyebar, donor lain melangkah maju untuk mencocokkan hadiah dan membuat dana diberkahi. McCarty menerima Medali Warga dari Presiden Clinton, menjadi subyek dari sebuah buku anak-anak dan bahkan menjadi inspirasi senilai $ 1 miliar janji Ted Turner untuk PBB.

"Saya tidak bisa melakukan semuanya," kata McCarty. "Tapi saya bisa melakukan sesuatu untuk membantu seseorang. Dan apa yang dapat saya lakukan akan saya lakukan. Saya berharap saya bisa berbuat lebih banyak. "

Terinspirasi untuk memberikan kepada orang lain apa yang dia sendiri tidak menerimanya, sumbangan Oseola McCarty dibuat lebih kuat dengan kejelasan motivasinya. Kisah kesuksesannya memberikan sumbangan menunjukkan sebuah pertanyaan penting untuk setiap dermawan untuk dipertimbangkan.

1.       Apakah saya menemukan kepuasan dalam memberi sumbangan, dan jika demikian, di mana itu kepuasan terbesar?
2.       Apakah ada pengalaman hidup - atau seorang individu - telah mengilhami saya untuk memberikan sumbangan?
3.       Dimana telah saya dapatkan pelajaran yang paling penting dan mempengaruhi tentang memberi sumbangan, dan di mana saya bisa belajar lebih banyak lagi?
4.       Apakah ada cara yang tersedia bagi saya untuk kembali lagi memberikan sumbangan dengan cara tertentu atau untuk daerah-daerah tertentu?
5.       Jika demikian, apa keterbatasan yang mereka hadapi dan bagaimana keterbatasan mereka dapat diatasi dengan sumbangan saya?
6.       Adalah warisan penting bagi saya?
7.       Bagaimana atau kapan waktu yang dibutuhkan untuk menyumbang?
8.       Bagaimana saya ingin diingat?

Kalau Anda benar-benar termotivasi untuk memberi sumbangan dan memiliki pertanyaan seperti di atas, silahkan hubungi kami di email lemsakti@gmail.com