Jumat, 22 November 2019

SELESAIKAN PERTANDINGANMU


SELESAIKAN PERTANDINGANMU

… Dan untuk mengetahui kasih yang melampaui pengetahuan — agar Anda dapat memenuhi semua kepenuhan Allah (Efesus 3:19).

Ketika waktu penyaliban-Nya semakin dekat, Yesus berbicara tentang prinsip potensial dalam hal kehidupan-Nya. Dia membandingkan diri-Nya dengan biji gandum yang jatuh ke tanah dan mati (lihat Yohanes 12: 23-24).

Biji gandum, ketika ditanam, menghasilkan lebih banyak biji. Di dalam Yesus ada potensi untuk membawa jutaan orang kepada Allah.

Puji Tuhan, Herodes tidak berhasil ketika dia mencoba untuk melenyapkan Yesus. Jika Herodes  berhasil, Yesus akan mati sebelum Dia dapat mempersembahkan diri-Nya sebagai penebusan kita di kayu salib. Tujuan besarNya dalam hidup akan sia-sia. Benih kehidupan-Nya jauh lebih dari yang dapat dilihat oleh para murid-Nya. Benih yang satu itu memiliki potensi untuk memberi kehidupan bagi banyak orang.

Ada suatu masa di awal pelayanannya ketika rasul Paulus berkata, “Saya ingin pergi.” Meskipun dia lebih suka mati dan bersama Kristus, dia tahu tujuannya dalam hidup belum sepenuhnya terpenuhi. Masih banyak pekerjaan yang belum berhasil baginya. Adalah penting bagi Gereja agar dia terus hidup. Puji Tuhan Paul tidak mati. Kalau waktu itu dia mati, maka manfaat kebijaksanaannya akan hilang bagi Gereja mula-mula dan bagi kita. Potensinya untuk menulis Kolose dan Efesus mungkin telah hilang.

Belakangan, menjelang kematiannya, Paul menulis: "Timotius, aku sudah menyelesaikan pertandinganku. Aku sudah menyelesaikan perlombaan. Aku telah mempertahankan iman. Aku sudah melakukan pekerjaanku. Penghargaanku menunggu saya. Aku siap mati. Tetaplah engkau  bekerja setelah aku pergi” (lihat 2 Timotius 4: 5-7).

Segala sesuatu dalam hidup memiliki potensi untuk memenuhi tujuannya. Orang yang mati tanpa mencapai potensi penuh merampok kemampuan laten mereka. Banyak yang merampok saya — mereka juga merampok Anda. Mati dengan kemampuan yang tidak diaktifkan adalah manusia yang tidak bertanggung jawab.