Rabu, 22 Januari 2020

ANDA SPESIAL



ANDA SPESIAL

I Petrus 2: 9-10 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Anda Seseorang yang Khusus untuk Allah. Itu adalah pesan yang sangat menggembirakan bagi semua orang yang mendengarnya. Kita semua perlu tahu dari waktu ke waktu bahwa kita istimewa. Sudah saatnya kita menemukan, sebagai orang percaya, yang dikatakan Alkitab tentang diri kita.

Pernahkah Anda merasa gagal dalam hidup? Pernahkah Anda mengalami rasa tidak aman? Beberapa tidak aman tentang penampilan Anda, kemampuan Anda, kepribadian Anda, hidup Anda? Pernahkah Anda merasa tidak dicintai dan tidak berharga? Pernahkah Anda mengucapkan kata-kata berikut: “Saya tidak menarik. Saya tidak bisa melakukan semua hal yang bisa dilakukan orang. Saya tidak cukup baik. Tidak ada hal baik yang terjadi dalam hidup saya. Saya gagal. "

Jika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran tidak berharga, malu, malu dan rendah diri, maka sudah saatnya pagi ini untuk menyingkirkan rasa tidak aman itu. Beberapa orang mungkin bertanya; "Bagaimana saya bisa menghilangkan rasa tidak aman yang telah ada sepanjang hidup saya?" Satu-satunya cara kita dapat menyingkirkan perasaan itu adalah dengan menyadari bahwa ANDA adalah milik Allah yang paling berharga! Jika Tuhan harus memilih hal terbaik yang pernah Dia ciptakan - Dia akan memilihmu! Anda adalah seseorang yang istimewa bagi Tuhan. Yesus berkata bahwa kita harus saling mencintai sama seperti kita mencintai diri sendiri. Jika Anda tidak menyukai ANDA, bagaimana Anda akan menyukai orang lain?

Untuk mengalami semua yang dimiliki Allah bagi kita, kita perlu memahami siapa yang Tuhan katakan.

KITA DILENGKAPI DENGAN KEMULIAAN DAN KEHORMATAN
KITA ADALAH TUJUAN PENGARUHNYA
KITA ADALAH CIPTAAN BARU

Sebagian besar dari kita pernah mendengar pernyataan ini sebelumnya. Sangat umum untuk menyatakan bahwa kita adalah ciptaan baru dalam lingkaran agama. Saya ingin mengingatkan kita pagi ini bahwa begitu kita menerima Yesus Kristus ke dalam hidup kita maka kita adalah ciptaan baru. Bahkan jika Anda telah dilahirkan kembali selama 50 tahun, Anda bukan orang tua lagi; Anda adalah ciptaan baru.

II Korintus 5:17; Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Memahami satu kebenaran ini adalah suatu keharusan. Begitu Anda datang kepada Yesus, sekali Anda menjadikan Dia sebagai Tuhan dalam hidup Anda, maka Anda menjadi ciptaan baru. Masa lalu Anda dimaafkan. Bahasa Yunani literal memberi tahu kami bahwa Anda adalah "Spesies baru makhluk yang belum pernah ada sebelumnya."

Salah satu ilustrasi paling terkenal untuk menjadi ciptaan baru adalah Saulus dari Tarsus di Jalan menuju Damaskus. Ketika dia bertemu Yesus, hidupnya berubah selamanya. Ia menjadi ciptaan baru. Saul mati di jalan itu dan seorang pria baru mulai hidup. Jika Anda dapat mengklasifikasikan orang berdosa, Paulus adalah yang terburuk di luar sana, namun Ia mampu mengatasi masa lalu-Nya. Jika dia tidak melakukan hal lain, dia bisa melupakan masa lalunya dan melanjutkan masa depannya karena dia mengerti bahwa dia adalah ciptaan baru.

Filipi 3: 13-14; 13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Ini adalah Kitab Suci yang sangat kuat. Tetapi ada beberapa kata yang ditambahkan oleh para penerjemah yang membuat Kitab Suci ini terdengar sedikit berbeda. Setiap kali Anda melihat kata-kata dalam huruf miring, itu artinya ditambahkan oleh penerjemah untuk membantu kita lebih memahaminya. Namun, jika kita menghilangkan huruf miring ini, maka kita dapat benar-benar memahami apa yang ingin dikatakan oleh Paul. Dengarkan tanpa kata-kata yang ditambahkan.

Filipi 3: 13-14; "Saudara-saudara, saya tidak menganggap diri saya telah menangkap tetapi satu hal, melupakan hal-hal yang ada di belakang, dan menjangkau hal-hal yang sebelumnya."

Paul berkata, jika saya tidak dapat memahami hal lain di luar sana, saya telah memahami satu prinsip dan itu melupakan hal-hal yang ada di belakang. Paul harus melupakan hal-hal itu. Dia tidak akan menjadikannya sebagai seorang Kristen jika dia tidak dapat menyadari bahwa dia adalah ciptaan baru. Beberapa dari Anda telah diselamatkan selama bertahun-tahun dan Anda masih mengklasifikasikan diri Anda sebagai orang berdosa yang diselamatkan karena anugerah. Jika Anda telah diselamatkan oleh anugerah, maka itu berarti Anda bukan orang berdosa. Tuhan ingin Anda tahu dan mengerti bahwa Anda adalah ciptaan baru. Tidak perlu pengakuan dosa setiap minggu. Lebih baik deklarasi perbaikan cara untuk mencapai tujuan yang belum terwujud.
Kehidupan lama Anda telah dihilangkan dengan pembaptisan dan kehidupan baru sudah bermunculan. Sudah saatnya kita, sebagai orang percaya, mulai berjalan dalam hidup yang baru. Jangan fokus pada masa lalu Anda. Selama Anda melihat ke belakang, Anda tidak akan pernah bisa bergerak maju. Tuhan ingin kita bergerak maju.

Pengusaha London, Lindsay Clegg, menceritakan kisah tentang sebuah gudang yang dijualnya. Bangunan itu kosong selama berbulan-bulan dan membutuhkan perbaikan. Brandalan telah merusak pintu, menghancurkan jendela, dan menaburkan sampah di sekitar interior. Ketika dia menunjukkan kepada calon pembeli properti itu, Clegg bersusah payah untuk mengatakan bahwa dia akan mengganti jendela yang rusak, membawa kru untuk memperbaiki segala kerusakan struktural, dan membersihkan sampah. "Lupakan perbaikan," kata pembeli. “Ketika aku membeli tempat ini, aku akan membangun sesuatu yang sama sekali berbeda. Saya tidak ingin bangunan itu; Saya ingin situs itu. "

Dibandingkan dengan renovasi yang ada dalam pikiran Tuhan, upaya kita untuk meningkatkan kehidupan kita sendiri sepele seperti menyapu gudang yang dijadwalkan untuk bola perusak. Ketika kita menjadi milik Allah, kehidupan lama berakhir (2 Kor. 5:17). Dia membuat semua hal baru. Yang dia inginkan hanyalah situs dan izin untuk membangun.

Ilustrasi kecil ini membawa kita ke poin berikutnya:

KITA ADALAH MAHA KARYA CIPTAANNYA

Kita sedang dalam proses. Tuhan melihat potensi seperti itu di dalam diri kita semua.

Efesus 2:10; “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang sebelumnya Allah telah tetapkan, bahwa kita harus hidup di dalamnya.”

Apakah kamu melihat ini? Pernyataan yang luar biasa! Sang Pencipta Alam Semesta telah menyatakan kita sebagai mahakarya-Nya. Ketika seniman mulai melukis, mereka tidak hanya mulai menampar cat ke kanvas. Mereka berencana. Seperti apa latar belakangnya nanti? Apa yang akan menjadi titik fokus dari mahakarya? Detail apa yang akan ada di lukisan itu? Sebuah mahakarya dilukis oleh seorang seniman yang ahli. Mereka adalah visioner yang sangat terampil yang tahu persis apa yang mereka inginkan dari lukisan itu.

Anda adalah mahakarya! Anda dilahirkan ke dalam kehidupan yang baik yang Tuhan rencanakan untuk Anda sejak dulu. Tuhan punya rencana besar untuk Anda. Dengarkan Pemazmur:

Mazmur 139: 13-18; "Kau membuat semua bagian tubuhku yang halus dan lembut dan menyatukanku dalam rahim ibuku. 14 Terima kasih telah membuat saya sangat kompleks! Pengerjaan Anda luar biasa - seberapa baik saya mengetahuinya. 15 Engkau memperhatikanku ketika aku sedang dibentuk dalam pengasingan, saat aku dijalin bersama dalam gelap rahim. 16 Anda melihat saya sebelum saya lahir. Setiap hari dalam hidupku dicatat dalam buku-Mu. Setiap saat ditata sebelum satu hari berlalu. 17 Betapa berharganya pikiran Anda tentang saya, ya Allah. Mereka tidak bisa diberi nomor! 18 Aku bahkan tidak bisa menghitungnya; jumlah mereka melebihi jumlah pasir! Dan ketika saya bangun, Anda masih bersama saya!" (NLT)

Kitab Suci ini menjelaskan dengan sangat baik tentang pemikiran yang Allah miliki tentang kita. Kita adalah objek kasih sayang-Nya, tetapi kita juga mahakarya-Nya. Kita adalah satu-satunya hal yang Dia ciptakan bahwa Dia mengambil waktu khusus untuk membentuk kita dengan tangan-Nya sendiri. Segala sesuatu yang Dia bicarakan ada, tetapi bukan kita. Kita terlalu istimewa; Dia harus memastikan bahwa kita ternyata sempurna.

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya (Mazmur 139: 14).

Ada banyak orang yang lewat karena orang lain tidak melihat apa yang ada di dalamnya. Tetapi Tuhan telah menunjukkan kepada saya apa yang ada di dalam diri saya, dan saya tahu itu ada di dalam kamu juga. Pekerjaan saya adalah menghentikan Anda dan berkata:

Bisakah Anda melihat apa yang ada di dalam diri Anda?
Apakah Anda tahu potensi Anda?
Apakah Anda tahu bahwa Anda bukan hanya seseorang yang lahir di gubuk di pemukiman kumuh?

Ada banyak potensi dalam diri Anda. Misalnya seorang pematung melihat dengan sangat berbeda disbanding orang biasa. Mereka mengatakan Michelangelo biasa berjalan mengelilingi balok marmer selama berhari-hari. Ia hanya berjalan mengitarinya, berbicara sendiri.

Pertama dia akan melihat hal-hal di batu. Kemudian dia akan pergi dan membawa mereka keluar. Wawasan seperti itu dari seorang pematung terlihat dalam Alkitab. Ketika dunia membuang dan menolak Anda, maka Anda mendarat di tumpukan sampah dunia. Tuhan berjalan dan menjemput Anda. Dia melihat jauh ke dalam diri Anda dan melihat seseorang yang sangat berharga.

Jangan pernah biarkan siapa pun membuang Anda. Anda bukan sampah. Ketika Tuhan melihat Anda, Ia melihat hal-hal yang diabaikan oleh semua orang. Anda sangat berharga sehingga Yesus pergi ke Kalvari untuk menyelamatkan dan mendapatkan kembali Anda. Roh Allah yang terhubung dengan roh Anda adalah satu-satunya hakim yang benar atas nilai Anda. Jangan menerima pendapat orang lain karena mereka tidak melihat apa yang dilihat Allah.